24 Juni 2016

CARA MEMBUAT WORKBOOK BARU PADA EXCEL 2010

Selamat datang di D.M.E (Dunia Microsoft Excel). Sahabat D.M.E (Dunia Microsoft Excel) yang berbahagia, sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian dan Kegunaan dari Program Microsoft Excel. Untuk kesempatan kali ini, kita akan mebahas tentang Cara Membuat Workbook Baru Pada Excel 2010.

Cara Membuat Workbook Baru Pada Excel 2010


Workbook (buku kerja) Microsoft Excel adalah file yang berisikan satu atau lebih worksheet (lembar kerja). Worksheet adalah dokumen utama yang Anda gunakan dalam Excel untuk menyimpan dan mengerjakan data-data.
Worksheet juga dapat disebut dengan spreadsheet. Sebuah worksheet atau spreadsheet terdiri dari cell-cell yang tersusun dalam column (kolom) dan row (baris). Sebuah worksheet akan selalu tersimpan dalam workbook dengan kata lain adalah worksheet atau spreadsheet itu adalah bagian dari workbook.

Secara singkat tentang bagaimana cara membuat workbook baru pada Excel 2010 adalah sebagai berikut:
  • Klik tab File.
  • Klik New.
  • Di bawah tulisan Available Template, klik dua kali pada pilihan Blank Workbook. Atau Anda juga dapat menggunakan cara pintas pada keyboard untuk membuat blank workbook dengan cara menekan tombol CTRL + N.
Tips :
  • Secara default, Workbook baru berisi tiga worksheet (lembar kerja). Anda pun bisa menambah dan menghapus worksheet tersebut sesuai dengan kebutuhan. 
  • Anda juga dapat melatarbelakangi workbook baru tersebut dengan default template (templet standar), atau template lainnya yang dapat anda download langsung dari layanan Office-nya.
Baca juga bahasan tentang : Cara Menggunakan Template Pada Workbook Excel 2010